Korsel beri bantuan tunai bagi warga terdampak Covid-19

Total kasus Covid-19 di Korea Selatan 9.661. Dari jumlah itu, 158 orang meninggal dan 5.228 pasien telah dinyatakan sembuh.

Warga memakai masker untuk melindungi diri dari penularan virus corona (COVID-19) di Seoul, Korea Selatan, Rabu (25/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-ji/hp/djo

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Senin (30/3) mengumumkan rencana untuk membagikan US$816 dalam bentuk tunai bagi setiap rumah tangga dengan empat anggota keluarga kecuali mereka yang pendapatannya masuk dalam 30% teratas secara nasional.

Langkah tersebut diambil untuk meredam dampak ekonomi dari pandemik Covid-19.

Pemberian uang tunai akan menjadi bagian dari anggaran tambahan tahap dua sebesar US$5,79 miliar yang disiapkan untuk mendorong ekonomi nasional yang terpukul akibat coronavirus jenis baru.

"Kecepatan adalah kunci untuk memberikan bantuan keuangan darurat seperti ini. Oleh karena itu, pemerintah akan merealisasikan anggaran tambahan tahap dua sesegera mungkin," tutur Moon Jae-in dalam pertemuan darurat pejabat pemerintah.

Presiden Moon mendesak parlemen untuk menyetujui anggaran terbaru tepat setelah pemilu legislatif pada 15 April. Dia menyatakan, semua warga Korea Selatan layak mendapat kompensasi atas upaya yang telah mereka lakukan untuk membendung penyebaran virus.