Korut tembakan 2 rudal jarak pendek saat kapal selam AS berlabuh di Korsel

Korea Utara menembakkan dua rudal dari daerah dekat Ibu Kota Pyongyang yang terbang sekitar 550 kilometer.

Layar TV menunjukkan gambar file program berita peluncuran rudal Korea Utara di Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 19 Juli 2023. AP Photo/Ahn Young-joon

Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke laut pada Rabu (19/7) dalam apa yang tampak sebagai pernyataan pembangkangan, ketika Amerika Serikat mengerahkan kapal selam bersenjata nuklir ke Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Peluncuran itu dilakukan saat AS dan Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dipimpin AS bekerja untuk menyelesaikan situasi yang sangat tidak biasa yang melibatkan seorang tentara AS yang menyeberang ke Korea Utara, saat melakukan tur ke desa perbatasan pada Selasa (18/7) sore.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, dari pukul 3:30 hingga 3:46 pagi, Korea Utara menembakkan dua rudal dari daerah dekat Ibu Kota Pyongyang yang terbang sekitar 550 kilometer (341 mil) sebelum mendarat di perairan timur Semenanjung Korea.

Militer Jepang mengatakan, rudal itu mendarat di luar zona ekonomi eksklusif Jepang dan tidak ada kerusakan pada kapal atau pesawat yang dilaporkan.

Jarak penerbangan kedua rudal itu kira-kira sama dengan jarak antara Pyongyang dan kota pelabuhan Korea Selatan Busan, tempat USS Kentucky tiba pada Selasa sore, dalam kunjungan pertama kapal selam bersenjata nuklir AS ke Korea Selatan sejak 1980-an.