Krisis ekonomi Lebanon, Hizbullah turun tangan

Krisis ekonomi di Lebanon diperparah dengan langkanya bahan bakar minyak.

Baliho Sayyid Hassan Nasrallah pemimpin Hizbullah Lebanon/Pixabay

Sayyid Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, mengatakan, kapal pertama yang membawa bahan bakar minyak Iran untuk membantu krisis ekonomi di Lebanon telah berlabuh di Suriah pada Minggu (12/9).

Nasrallah menyebutkan bahwa ia telah mengatur pembelian bahan bakar dari Iran tersebut. Tujuannya, untuk mengurangi krisis bahan bakar minyak yang melumpuhkan Lebanon.

Ia pun berterima kasih kepada Suriah karena menerima kiriman dan memfasilitasi proses pengiriman bahan bakar tersebut. "Kami diberitahu bahwa kedatangan kapal di sini (di Lebanon) akan membahayakan negara, namun kami tidak ingin membahayakan negara, jadi kami memilih opsi lain," kata Nasrallah dalam pidatonya, Senin (13/9).

Krisis ekonomi yang terjadi di Lebanon diperparah dengan langkanya bahan bakar minyak. Bahkan, negara tersebut tidak dapat mengimpor bahan bakar dari negara lain. Ini beradampak pada kehidupan sehari hari masyrakat di sana.

Di sisi lain, negara tersebut juga mengalami krisis listrik. Hal itu membuat bisnis dan rumah tangga hampir seluruhnya bergantung pada generator kecil berbahan bakar minyak.