Tanpa kunjungi China, pria Inggris tularkan coronavirus ke 11 orang

Peristiwa ini menunjukkan bagaimana virus mematikan tersebut dapat menyebar dengan cepat ke seluruh dunia yang terglobalisasi.

Warga memakai masker dan kantong plastik berjalan di luar stasiun kereta di Shanghai, China, saat negeri tersebut sedang memerangi wabah coronavirus tipe baru, Minggu (9/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Seorang pria Inggris menularkan coronavirus tipe baru kepada setidaknya 11 orang tanpa pernah menginjakkan kaki di pusat penyebaran wabah di China. Peristiwa ini menunjukkan bagaimana virus tersebut dapat menyebar dengan cepat ke seluruh dunia yang terglobalisasi.

Pria Inggris itu terinfeksi coronavirus tipe baru saat menghadiri sebuah konferensi di Singapura dan kemudian menularkannya kepada sejumlah warga senegaranya ketika berlibur di Pegunungan Alpen, Prancis, sebelum akhirnya didiagnosis positif setelah kembali ke Inggris.

Dari mereka yang terinfeksi oleh pria itu, lima orang telah dirawat di rumah sakit di Prancis, lima di Inggris, dan satu lainnya di Pulau Mallorca, Spanyol.

Berikut kronologi penyebaran virus dari pria Inggris tersebut.

Singapura