KTT Korea Utara-Rusia berakhir, Putin puji Kim Jong-un

Putin mengaku puas dengan hasil pertemuan puncaknya dengan Kim Jong-un.

Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di lokasi pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Far Eastern Federal University di Russky Island kota Vladivostok, Rusia, Kamis (25/4). ANTARA FOTO/REUTERS/Shamil Zhumatov

Baik Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kim Jong-un merespons positif pertemuan perdana mereka yang digelar di Far Eastern Federal University, Vladivostok, pada Kamis (25/4).

Kedua pemimpin sempat berbicara empat mata sebelum akhirnya memulai diskusi lebih luas yang melibatkan para pejabat tinggi dari kedua belah pihak.

Presiden Putin mengatakan dia puas dengan hasil pertemuan puncaknya dengan Kim Jong-un. Dia mengatakan akan membahas hasil KTT Vladivostok dengan China dan Amerika Serikat.

"Kami semua senang dengan hasil pembicaraan, baik saya maupun mitra saya," sebut Presiden Putin. "Chairman Kim Jong-un adalah seorang yang cukup terbuka, memimpin sebuah diskusi terbuka tentang seluruh isu yang ada dalam agenda."

Ketika ditanya apakah Kim Jong-un bersedia untuk melanjutkan komunikasi dengan AS, Putin mengatakan pemimpin Korea Utara akan dibimbing oleh kepentingan nasional negaranya. Namun Putin menambahkan, "Ketika menyangkut krisis Semenanjung Korea, kita tidak bisa menyelesaikan apapun tanpa pembicaraan."