Lancarkan serangan ke Suriah, AS sanksi Turki

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan bahwa sanksi itu sangat kuat dan akan memiliki dampak parah pada perekonomian Turki.

Peralatan militer Turki dipindahkan melalui dari kota perbatasan, Akcakale, di Provinsi Sanliurfa, Senin (14/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Stoyan Nenov

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (14/10), Kementerian Keuangan Amerika Serikat menyatakan telah menjatuhkan sanksi kepada dua kementerian dan tiga pejabat senior pemerintah Turki. Sanksi itu merupakan tanggapan atas operasi militer Ankara di Suriah.

"Tindakan pemerintah Turki membahayakan nyawa warga sipil tidak berdosa dan mengganggu kestabilan kawasan, serta merusak upaya untuk membasmi ISIS," jelas pernyataan kemenkeu.

Berbicara kepada wartawan di Washington pada Senin malam waktu setempat, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan bahwa sanksi itu sangat kuat dan akan memiliki dampak parah pada perekonomian Turki.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden AS Mike Pence memperingatkan bahwa sanksi akan berlanjut dan bertambah kecuali Turki menyatakan gencatan senjata serta menghentikan agresi militernya.

"Turki harus setuju menegosiasikan penyelesaian jangka panjang dari masalah di sepanjang perbatasan antara negaranya dan Suriah," tegas Pence.