Lawan Covid-19, G20 suntik US$5 triliun ke ekonomi global

Covid-19 telah menjangkiti lebih dari 531.700 orang di seluruh dunia, di mana lebih dari 24.050 di antaranya meninggal.

Jurnalis duduk di media center saat pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (22/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Yosri

Para pemimpin G20 pada Kamis (26/3) berjanji untuk menyuntikkan lebih dari US$5 triliun ke ekonomi global untuk membatasi kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis yang dipicu coronavirus jenis baru.

Dalam KTT yang dinilai paling menunjukkan persatuan sejak krisis keuangan 2008-2009, para pemimpin G20 mengatakan mereka berkomitmen mengimplementasikan dan mendanai seluruh tindakan kesehatan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

"G20 berkomitmen untuk melakukan apa pun demi mengatasi pandemik," sebut pernyataan bersama para pemimpin G20 dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah lembaga internasional lainnya.

Para pemimpin G20 pun berjanji memastikan aliran pasokan medis vital dan barang-barang lainnya melintasi perbatasan serta menyelesaikan gangguan pada rantai pasokan.

"Tindakan darurat yang bertujuan melindungi kesehatan akan ditargetkan, proporsional, transparan, dan sementara," kata pernyataan bersama para pemimpin G20.