‘Malaysia bersama Palestina’: Ribuan pengunjuk rasa di Kuala Lumpur dukung Gaza

“Mereka (Israel) mengebom tempat-tempat yang seharusnya dianggap aman, sekolah dan masjid.

Ribuan warga Malaysia berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa ‘Malaysia bersama Palestina’ di Stadion Axiata Arena, Kuala Lumpur, 24 Oktober 2023. Foto AN-Patrick Lee

Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Kuala Lumpur pada hari Selasa (24/10) untuk menunjukkan solidaritas terbesar Malaysia terhadap warga Palestina sejak awal serangan mematikan Israel di Gaza.

Warga Malaysia telah turun ke jalan sejak eskalasi dimulai lebih dari dua pekan lalu. Mengenakan syal tradisional Palestina dan membawa bendera Palestina, mereka menyerukan “Solidaritas dengan Palestina,” dan meneriakkan “Selamatkan Palestina,” “Hentikan genosida di Gaza,” dan “Dari sungai ke laut, Palestina akan bebas.”

Protes Selasa, yang dijuluki unjuk rasa “Malaysia bersama Palestina”, berlangsung di Stadion Axiata Arena di selatan Kuala Lumpur, dan merupakan yang terbesar sejauh ini, dengan 16.000 kursi penuh saat Perdana Menteri Anwar Ibrahim berpidato di depan massa.

“Kami bersama rakyat Palestina... kemarin, hari ini dan besok,” kata Anwar.

“Warga Malaysia sudah berada di sana sejak masa Yasser Arafat, berjuang untuk kemerdekaan Palestina hingga saat ini, dan kami akan terus melanjutkannya tanpa rasa takut.”