Maroko diguncang gempa dahsyat, bangunan bersejarah rusak, ratusan tewas

Pusat gempa pada hari Jumat berada di Pegunungan Atlas sekitar 70 kilometer (43,5 mil) selatan Marrakesh.

Maroko diguncang gempa dahsyat, bangunan bersejarah rusak, ratusan tewas. Foto: apnews

Gempa bumi dahsyat melanda Maroko Jumat (8/9) malam, menewaskan ratusan orang dan merusak gedung serta bangunan bersejarah di kota-kota besar.

Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan pada Sabtu pagi bahwa sedikitnya 296 orang tewas di provinsi-provinsi dekat gempa. Selain itu, 153 orang yang terluka dikirim ke rumah sakit untuk perawatan. Kementerian menulis bahwa sebagian besar kerusakan terjadi di luar kota besar dan kecil.

Warga Maroko memposting video yang menunjukkan bangunan-bangunan menjadi puing-puing dan debu, dan bagian dari tembok merah terkenal yang mengelilingi kota tua di Marrakesh, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, rusak. Wisatawan dan warga lainnya memposting video orang-orang berteriak dan mengevakuasi restoran di kota saat musik klub diputar.

Laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa seringkali membutuhkan waktu untuk disaring setelah banyak gempa bumi, terutama yang terjadi pada tengah malam.

Daripada kembali ke bangunan beton, laki-laki, perempuan dan anak-anak tetap berada di jalanan karena khawatir akan gempa susulan dan dampak lainnya yang dapat menyebabkan rumah mereka bergoyang.