Menlu Jepang-RI bahas ASEAN hingga kerja sama ketenagakerjaan

Jepang menyambut baik pengadopsian Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik yang diusulkan Indonesia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dalam pertemuan bilateral di Osaka, Jepang, Kamis (27/6). / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menyambut baik Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik serta menghargai kepemimpinan Indonesia di Asia Tenggara. Hal itu disampaikannya dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Osaka, Jepang, Kamis (27/6). 

Selain itu, kedua menlu membahas mengenai perkembangan situasi di Rakhine State dan Menlu Taro menyampaikan apresiasi terhadap peran ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre).

"AHA Centre telah melakukan tugas yang baik," ujar Menlu Taro seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Jumat (28/6).

Masih terkait dengan isu kawasan, kedua menlu berharap agar perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dapat diselesaikan pada akhir 2019.

RCEP merupakan perjanjian perdagangan bebas yang diusulkan antara negara anggota ASEAN dan enam mitra Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) mereka yakni China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan India.