Merkel menyerukan para elite politik Jerman untuk kompromi

Pemimpin lama Jerman itu tampaknya menyampaikan pesan kepada para politisi yang sedang tawar-menawar

ilustrasi. foto Pixabay

Kanselir Jerman Angela Merkel yang akan mengundurkan diri memberikan petunjuk bagi para pemimpin politik untuk mengatasi perbedaan mereka. Berbicara pada perayaan di kota timur Halle untuk memperingati reunifikasi Jerman pada tahun 1990, Merkel mengatakan negara itu sekali lagi memiliki kesempatan untuk membentuk masa depannya.

"Kami dapat berdebat tentang bagaimana tepatnya di masa depan, tetapi kami tahu bahwa jawabannya ada di tangan kami, bahwa kami harus mendengarkan dan berbicara satu sama lain, bahwa kami memiliki perbedaan, tetapi di atas semua kesamaan," kata Merkel.

"Bersiaplah untuk pertemuan baru, ingin tahu tentang orang lain, ceritakan sejarah Anda sendiri dan toleransi perbedaan," kata Merkel. "Itulah pelajaran dari 31 tahun persatuan Jerman."

Dalam apa yang mungkin disebut sebagai pidato besar terakhirnya sebagai kanselir, pemimpin lama Jerman itu tampaknya menyampaikan pesan kepada para politisi yang sedang tawar-menawar untuk membentuk pemerintahan berikutnya.

Merkel akan meninggalkan jabatannya setelah 16 tahun berkuasa setelah koalisi baru dapat dibentuk setelah hasil pemilihan minggu lalu di mana mitra koalisinya, Sosial Demokrat (SPD) keluar sebagai yang teratas.