Milei, penebar "kampanye ketakutan" itu menang Pilpres Argentina

Milei mengusung perubahan drastis dan memenangkan hati kaum muda yang frustrasi dengan kondisi ekonomi Argentina.

Javier Milei. Foto Taipei times

Javier Milei, sosok yang disebut memiliki karakter politik yang serupa dengan Donald Trump keluar sebagai pemenang Pilpres Argentina, Minggu (20/11). Padahal, ia sempat menuding-nuding lawannya, Sergio Massa akan melakukan kecurangan. 

Kemenangan Milei dipastikan setelah lawannya, Sergio Massa mengakui kemenenangan rivalnya itu, dan mengucapkan selamat kepada Milei. Segera setelah pidato konsesi Massa, otoritas pemilu Argentina merilis sebagian hasil: Dengan 86,6% suara dihitung, Milei memperoleh 55,95% dan Massa 44,04%.  

Kerja-kerja kampanye Milei dan timnya yang menjanjikan perubahan dramatis pada banyak institusi negara ternyata efektif mendulang simpati rakyat. Keinginannya untuk menjadikan dollar AS sebagai mata uang Argentina mendapat sambutan. 

Dengan kemenangan Milei, Argentina akan beralih ke sayap kanan di tengah ketidakpuasan atas melonjaknya inflasi dan meningkatnya kemiskinan. 

Inflasi telah melonjak di atas 140% dan kemiskinan semakin memburuk selama Massa menjabat menteri ekonomi di pemerintahan Alberto Fernandez.