Norimasa Shimomura resmi jadi Kepala UNDP Indonesia

Sebelum bertugas di Indonesia, Shimomura merupakan Koordinator Residen PBB di Kazakhstan.

Kepala Perwakilan UNDP Indonesia yang baru, Norimasa Shimomura. Twitter/@Norimasa_UN

Norimasa Shimomura pada Kamis (19/11) resmi menjabat sebagai Kepala Perwakilan UNDP Indonesia yang baru, menyusul pemberian surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dalam acara yang diadakan secara daring di tengah pandemik Covid-19, Shimomura memuji komitmen Indonesia dalam mencapai agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs) ketika dia menyampaikan visi strategis UNDP Indonesia.

"Saya memuji komitmen Indonesia dalam upayanya meingkatkan pembangunan manusia, ekonomi, pemerataan akses keuangan, dan pembangunan rendah karbon. Saya juga menyampaikan kekaguman terhadap pemerintah Indonesia yang memahami pentingnya jalinan antara perdamaian, keamanan, dan pembangunan berkelanjutan, sebagaimana telah ditunjukkan melalui kepemimpinan untuk mempromosikan agenda perempuan, perdamaian, dan keamanan, selama masa kepresidenan di Dewan Keamanan PBB (DK PBB)," tutur dia.

Selain itu, Shimomura juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Indonesia dalam dukungannya untuk penyusunan Country Program Document UNDP Indonesia kurun waktu 2021-2025 dan dalam Kerja Sama Selatan-Selatan.

"Komitmen Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di bidang kesehatan dan mata pencaharian patut untuk diapresiasi. Saya siap bekerja bersama untuk mengusahakan solusi inovatif dan menjawab berbagai tantangan yang ada terutama pada saat yang tidak menentu seperti sekarang ini," tutur dia.