Pakistan menjamu AS, China, Rusia untuk membahas Afghanistan

Mahmood Qureshi memperingatkan pada pembukaan pertemuan bahwa Afghanistan "di ambang kehancuran ekonomi.

Mahmood Qureshi. foto file

Pakistan menjamu diplomat senior dari Amerika Serikat, China dan Rusia di Islamabad untuk membahas situasi Afghanistan. Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi juga hadir di Islamabad tetapi dia tidak menghadiri pertemuan pada hari Kamis, yang dijuluki "troika plus".

Muttaqi akan bertemu rekannya dari Pakistan pada hari Kamis. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Abdul Qahar Balkhi, menteri luar negeri Afghanistan juga akan menindaklanjuti pembicaraan dengan utusan khusus di Afghanistan.  

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi memperingatkan pada pembukaan pertemuan bahwa Afghanistan "di ambang kehancuran ekonomi" dan masyarakat internasional harus segera melanjutkan pendanaan yang dibekukan oleh donor Barat sejak Taliban mengambil alih kekuasaan dan memberikan bantuan kemanusiaan.

Dia mengatakan setiap kemerosotan ekonomi lebih lanjut akan "sangat membatasi" kemampuan pemerintah baru Taliban untuk menjalankan negara.

“Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat internasional untuk menopang penyediaan bantuan kemanusiaan secara mendesak. Meneruskan aliran dana internasional akan sesuai dengan upaya kami untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi dan menggerakkan ekonomi Afghanistan menuju stabilitas dan keberlanjutan,” kata Qureshi.