Pandemik Covid-19: KBRI Paris fokus pada perlindungan WNI

Jumlah kasus Covid-19 di Prancis tercatat telah mencapai 136.779. Dari total itu, 14.967 orang meninggal.

Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir saat melakukan video conference dengan sejumlah WNI di tengah pandemik Covid-19. / KBRI Paris

Pemerintah Prancis kembali memperpanjang masa lockdown atau karantina wilayah yang ketat terhadap seluruh kegiatan masyarakat sampai dengan 11 Mei 2020. Langkah itu diambil untuk menjaga momentum positif yang mulai terlihat dalam perang melawan Covid-19. 

Sejak menyebarnya Covid-19 di Prancis, perlindungan warga negara Indonesia menjadi fokus utama KBRI Paris. 

Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir atau yang akrab disapa Tata menyampaikan bahwa pada saat berbagai kantor dan sebagian besar kedutaan asing di Paris tutup, KBRI tetap melayani WNI yang membutuhkan bantuan. 

"Sesuai dengan arahan Menlu RI, memberikan perlindungan bagi WNI di tengah adanya Covid-19 dan lockdown telah menjadi fokus utama para diplomat Indonesia di Paris saat ini," tutur Dubes Tata seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Selasa (14/4).

KBRI telah mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan kelompok WNI, seperti pengurus berbagai asosiasi Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan wakil kelompok masyarakat Indonesia di berbagai wilayah Prancis.