Inggris berduka, Pangeran Philip tutup usia

Pangeran Philip sempat jalani perawatan di rumah sakit selama sebulan.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. / royal.uk

Istana Buckingham pada Jumat (9/4) mengumumkan bahwa Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal pada usia 99 tahun. "Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," tutur pernyataan Istana Buckingham.

Lebih lanjut, istana menyatakan bahwa Pangeran Philip "meninggal dengan damai pada pagi ini di Kastil Windsor". Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Philip telah menjadi ilham bagi banyak orang muda.

"Beliau membantu mengarahkan keluarga kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita," tutur PM Johnson dalam sebuah pernyataan yang disampaikan dari Downing Street.

Johnson mengatakan, dia menerima berita kematian Duke of Edinburgh dengan hati sangat sedih. "Pangeran Philip mendapatkan kasih sayang dari generasi ke generasi di seluruh negeri dan dunia," lanjutnya.

PM Johnson juga mengenang Pangeran Philip sebagai salah satu pahlawan yang bertempur dalam Perang Dunia II. "Dari konflik itu dia mengambil etika pelayanan yang dia terapkan selama perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di era pasca-PD II," lanjut Johnson.