Partai Sosialis Portugal menang pemilu, Costa kembali kuasai kursi Perdana Menteri

Sosialis (PS) telah memenangkan 41,7 persen, di depan Partai Sosial Demokrat (PSD) kanan-tengah dengan 28 persen.

Perdana Menteri petahana Portugis dan pemimpin partai Sosialis (PS) Antonio Costa memberi isyarat saat ia menyampaikan pidato selama kampanye menjelang pemilihan umum Portugal, di Lisbon, pada 27 Januari 2022. - Portugal mengadakan pemilihan umum awal pada 30 Januari , 2022. Foto Patricia De Melo Moreira / AFP

Perdana Menteri Portugal António Costa meraih kemenangan menakjubkan dalam pemilihan umum hari Minggu. Ini berarti ia memenangkan masa jabatan ketiga berturut-turut. Partai Sosialisnya pun mengamankan mayoritas mutlak di parlemen.

“Ini adalah malam yang spesial bagi saya,” kata Costa kepada para pendukung yang bersorak. “Portugis telah mengkonfirmasi bahwa mereka menginginkan pemerintahan Partai Sosialis selama empat tahun ke depan … mereka menginginkan stabilitas, kepastian dan keamanan.”

Dengan hampir semua suara masuk, Sosialis (PS) telah memenangkan 41,7 persen, di depan Partai Sosial Demokrat (PSD) kanan-tengah dengan 28 persen.

Itu memberi PS setidaknya 117 kursi di Assembleia da República atau parlemen 230 kursi.

Costa telah memimpin pemerintahan minoritas sejak 2015, didukung oleh dua partai sayap kiri. Sekarang dia akan menjadi mayoritas untuk pertama kalinya. Hasil ini cukup mencerminkan dukungan pemilih kepada Sosialis dalam penanganan pandemi dan dampak ekonominya.