Paus Fransiskus akan menjalani operasi bedah usus di Roma

Vatikan mengungkapkan, Paus telah didiagnosis dengan stenosis divertikular simtomatik pada usus besar.

Paus Fransiskus memberikan khotbah di hadapan jemaat di lapangan Santo Peter saat misa umum mingguan di Vatikan, Rabu (3/4/2019). Foto Antara/REUTERS/Yara Nardi

Paus Fransiskus dibawa ke rumah sakit Roma menjalani operasi terjadwal untuk stenosis atau pembatasan usus besar pada Minggu (4/7).

Pengumuman singkat dari kantor pers Takhta Suci tidak mengatakan secara pasti kapan operasi akan dilakukan, namun mereka menyatakan, akan ada pengumuman ketika operasinya telah usai.

Tiga jam sebelum ke rumah sakit, Paus Fransiskus dengan riang menyambut publik di Lapangan Santo Petrus sesuai dengan tradisi hari Minggu dan memberitahu mereka bahwa dia akan pergi ke Hungaria dan Slovakia pada September nanti.

Vatikan mengungkapkan, Paus Fransiskus telah didiagnosis dengan stenosis divertikular simtomatik pada usus besar, yang mengacu pada penyempitan di usus besar. Seminggu sebelumnya, Paus Fransiskus meminta doa khusus kepada publik untuk dirinya sendiri, yang mana sudah mengisyaratkan untuk rencana operasi di Poliklinik Gemelli Roma.

"Saya meminta Anda untuk berdoa bagi paus, berdoa dengan cara yang khusus," Paus kata Fransiskus meminta umat yang datang  di alun-alun pada 27 Juni lalu. "Paus membutuhkan doa Anda," katanya, menambahkan ucapan terima kasihnya dan berkata, "Saya tahu Anda akan melakukan itu."