Dubes Inggris: Pemakaman Pangeran Philip dibatasi 30 orang

Dubes Inggris sampaikan terima kasih pada Presiden Jokowi atas ucapan belasungkawa.

Pangeran Philip. Twitter / @RoyalFamily

Duta Besar Inggris untuk RI Owen Jenkins mengatakan bahwa pemakaman Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, akan berlangsung pada Sabtu (17/4) di Kapel St. George, Windsor.

"Prosesi pemakaman akan dimulai dengan mengheningkan cipta secara nasional pada 15.00 waktu Inggris dan akan menjadi Upacara Pemakaman Kerajaan (Ceremonial Royal Funeral), serupa dengan yang diadakan untuk The Queen Mother (ibunda Ratu Elizabeth II) pada April 2002," jelas Dubes Jenkins dalam pernyataan tertulis pada Kamis (15/4).

Sesuai dengan protokol kesehatan terkait Covid-19, Jenkins mengatakan bahwa tidak akan ada prosesi pemakaman umum. "Pemakaman akan diadakan di dalam Kastil Windsor, dan dibatasi hanya untuk 30 orang, aturan yang sama ini berlaku untuk keluarga Kerajaan seperti layaknya semua warga negara Inggris. Keselamatan publik tetap harus diutamakan," jelasnya.

Dia menambahkan, masyarakat yang ingin memberikan penghormatan atau mengirimkan pesan belasungkawa diharapkan dapat langsung mengisi Buku Belasungkawa secara daring di www.royal.uk/books-condolence, atau bagi mereka yang ingin memberikan sumbangan, bisa berdonasi ke badan amal pilihan masing-masing.

Lebih lanjut, Dubes Jenkins menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo, atas ucapan belasungkawa yang diberikan. Pada Jumat (9/4), Istana Buckingham mengumumkan kabar yang menyedihkan tentang wafatnya Pangeran Philip.