Angka kasus Covid-19 menurun, pembatasan mulai dilonggarkan di Sydney

Australia telah melihat begitu banyak kasus dan tahu bahwa Oktober akan menjadi sangat menantang bagi sistem rumah sakit.

Ilustrasi. Pixabay

Negara bagian New South Wales (NSW) Australia pada Senin (20/9), melaporkan kenaikan terendah kasus Covid-19 harian dalam lebih dari tiga minggu, setelah pembatasan mulai dilonggarkan di Sydney dan angka vaksinasi meningkat. 

Perdana Menteri Gladys Berejiklian mengatakan, terdapat 935 kasus baru yang terdeteksi di NSW. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak 27 Agustus dan turun dari 1.083 pada Minggu (19/9). Negara bagian juga melaporkan adanya empat kematian baru.

"Kami merasa lebih positif daripada yang kami miliki dalam beberapa minggu. tetapi saya tidak ingin ada di antara kami yang duduk dan berpikir yang terburuk ada di belakang kami," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney, memperingatkan lebih banyak kematian di hari-hari ke depan.

Berejiklian mengatakan, Australia telah melihat begitu banyak kasus dan tahu bahwa Oktober akan menjadi sangat menantang bagi sistem rumah sakit.

Setelah varian Delta menyebar dengan cepat di Sydney dan Melbourne, pemerintah terpaksa meninggalkan target nol Covid-19 dan beralih ke vaksinasi cepat untuk mengurangi pembatasan.