Pemilu paruh waktu AS, Demokrat unggul sementara

Demokrat berhasil memenangkan pemilu paruh waktu ini, Trump akan kehilangan dukungan dari kongres untuk mendukung agendanya.

Barack Obama turun gunung untuk kampanye pada pemilu paruh waktu AS./Antara Foto

Pemilu paruh waktu Amerika Serikat  (AS) yang diadakan Selasa (6/11) waktu setempat diperkirakan akan dimenangkan Partai Demokrat. Demokrat kemungkinan akan mengambil kendali Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Republik. 

Dilansir dari The Guardian, pada Rabu (7/11) pukul 10:25 WIB, hasil perlombaan dua kamar Kongres AS ini menunjukan pertarungan yang sengit. Sebanyak 38 kursi telah diamankan Demokrat di Senat dan 103 lainnya di DPR. Sedangkan Republik mengamankan 48 kursi di Senat dan 118 di DPR. 

Salah satu kemenangan Demokrat terlihat dari hasil pemilihan di distrik 10 Virginia yang mana Jennifer Wexton berhasil menyingkirkan lawannya petahana Barbara Comstock representatif Republik. Wexton mengamankan posisinya dengan memperoleh 55% suara dibanding 45% suara Comstock.

Perebutan 435 kursi DPR di beberapa negara bagian yang sudah ditutup pada Selasa malam waktu setempat telah dijadikan penanda awal bagi kelanjutan pemerintahan Donald Trump. Lantaran hasil dari pemilu paruh waktu ini akan menentukan penolakan atau pengukuhan agendanya.

Polarisasi Trump di AS berdampak pada tingginya ketertarikan masyarakat untuk ikut serta dalam pemilihan. Pemilu paruh waktu ini menjadi ujian politik pertamanya sebagai presiden dan dapat menjadi pemberi petunjuk bagi Demokrat untuk menyusun strategi melawannya pada 2020 mendatang.