Pemimpin oposisi Venezuela serukan demonstrasi di seluruh negeri

Oposisi menilai, lengsernya Maduro akan memungkinkan Venezuela keluar dari krisis politik dan kemanusiaan dengan dukungan internasional.

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido. Instagram/@jguaido

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyerukan demonstrasi nasional pada Senin (4/3) bertepatan dengan kabar kembalinya dia ke negaranya.

Guaido pada Minggu (3/3) mengatakan, rakyat Venezuela harus memantau pengumuman resminya dan dia akan memberikan rincian tentang titik pertemuan bagi para pendukungnya. Dia mengatakan, rakyat Venezuela harus berkumpul pada pukul 11.00 waktu setempat.

"Sampai jumpa besok," ungkap Guaido melalui video yang diunggah di sosial media. Dalam kesempatan yang sama, dia menyampaikan peringatan menantang kepada otoritas Venezuela jika mereka berusaha menahannya.

Guaido mengatakan, "Jika rezim berani untuk menculik kami ... itu akan jadi kesalahan terakhir yang mereka buat."

Guaido yang juga pemimpin Majelis Nasional yang mengklaim dirinya sebagai presiden turut mentwit foto dirinya yang tengah berjalan di lapangan terbang sebelum keberangkatannya dari pangkalan angkatan laut di Salinas, Ekuador, di mana dia bertemu Presiden Lenin Moreno pada Sabtu (2/3).