Penembakan massal di sekolah AS telah menewaskan 175 orang

Sudah 175 orang telah tewas dalam 15 peristiwa serupa yang terkait dengan sekolah dan perguruan tinggi di AS.

Sebuah keluarga meninggalkan lokasi penembakan di Nashville, Tenn., Senin, 27 Maret 2023 setelah beberapa anak tewas dalam penembakan di Covenant School di Nashville. Foto AP/John Amis

Penembak massal telah membunuh ratusan orang sepanjang sejarah AS. Aksi tersebut dilakukan di pusat perdagangan, teater, dan tempat kerja. Pelaku juga melakukannya di sekolah dan perguruan tinggi, sebuah tempat yang dipenuhi anak-anak usia muda, siswa yang bercita-cita tinggi dan guru menanam benih pengetahuan.

Jika penembakan massal didefinisikan sebagai mengakibatkan kematian empat orang atau lebih, tidak termasuk pelaku, maka sudah 175 orang telah tewas dalam 15 peristiwa serupa yang terkait dengan sekolah dan perguruan tinggi di AS, dari pembantaian Sekolah Menengah Columbine pada 1999 hingga penembakan yang terjadi pada Senin (27/3) di Nashville, Tennessee. Berikut cuplikannya.

The Covenant School, Maret 2023, 6 tewas

Seorang penembak wanita berusia 28 tahun yang menggunakan dua senapan "gaya serbu" dan sebuah pistol menewaskan tiga siswa dan tiga orang dewasa di sebuah sekolah Kristen swasta di Nashville. Tersangka juga tewas setelah ditembak polisi.

Robb Elementary School, Mei 2022, 21 meninggal