Penyanyi rap Nicki Minaj batal tampil di Arab Saudi

Nicki Minaj dijadwalkan tampil di Jeddah World Fest pada 18 Juli.

Penyanyi rap Nicki Minaj. Instagram/@nickiminaj

Penyanyi rap Nicki Minaj membatalkan penampilannya di Arab Saudi yang dijadwalkan berlangsung pekan depan di Jeddah. Rencana Minaj untuk beraksi di Arab Saudi sebelumnya telah memicu protes menyusul catatan hak asasi manusia negara yang dipimpin Raja Salman tersebut.

Sementara, kontroversi lain berkisar pada isu busana yang akan dikenakannya saat tampil di Arab Saudi yang ultrakonservatif. Minaj kerap muncul dengan pakaian terbuka.

"Setelah melalui perenungan yang cermat, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan jadwal konser saya di Jeddah World Fest," ungkap penyanyi berusia 36 tahun itu.

"Yang saya inginkan tidak lebih dari tampil di hadapan para penggemar saya di Arab Saudi, tapi setelah mendidik diri saya lebih baik terkait sejumlah isu, saya meyakini adalah penting bagi saya untuk menegaskan dukungan saya bagi hak-hak perempuan, komunitas LGBTQ dan kebebasan berekspresi," imbuhnya.

Pada Jumat (5/7), Yayasan HAM yang bermarkas di AS melayangkan surat terbuka kepada Minaj. Mereka mendesak Minaj untuk mundur dari festival yang akan digelar pada 18 Juli.