Perang meluas ke Laut Merah, 3 kapal dirudal Houthi

Kargo global semakin menjadi sasaran karena perang Israel-Hamas mengarah jadi konflik regional yang lebih luas.

Foto: Houthi

Rudal balistik yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi Yaman menghantam tiga kapal komersial pada hari Minggu (3/12) di Laut Merah. Sementara sebuah kapal perang Amerika Serikat menembak jatuh tiga drone dalam serangan yang berlangsung selama berjam-jam tersebut, kata militer AS.

Kelompok Houthi yang didukung Iran bertanggung jawab atas dua serangan tersebut.

Serangan ini pertanda perang mulai meluas ke kawasan perairan Timur Tengah. Ofensif maritim yang terkait dengan perang Israel-Hamas ditandai banyak kapal menjadi sasaran serangan Houthi untuk pertama kalinya dalam konflik tersebut.

AS berjanji untuk “mengambil semua tindakan balasan yang tepat” setelah serangan itu. AS juga menyebut-nyebut peran Iran, menyusul meningkatnya ketegangan selama bertahun-tahun karena perkembangan pesat program nuklir Teheran.

“Serangan-serangan ini merupakan ancaman langsung terhadap perdagangan internasional dan keamanan maritim,” kata Komando Pusat militer AS dalam sebuah pernyataan dilansir Yahoo. “Mereka telah membahayakan nyawa kru internasional yang mewakili banyak negara di dunia.”