Perdana, Presiden China kunjungi Wuhan sejak wabah coronavirus

Presiden Xi Jinping tiba di Wuhan pada Selasa (10/3) dengan pesawat untuk melakukan inspeksi.

Seorang penumpang menggunakan masker wajah berjalan di terminal kedatangan yang kosong di Bandara Internasional Beijing, China, di tengah wabah coronavirus jenis baru, Senin (9/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Presiden China Xi Jinping berkunjung ke Wuhan, Provinsi Hubei, untuk pertama kalinya sejak wabah coronavirus jenis baru merebak di kota itu pada akhir 2019. Kunjungan Xi terjadi saat kasus-kasus baru melambat.

Menurut kantor berita Xinhua, Xi tiba di Wuhan pada Selasa (10/3) dengan pesawat untuk melakukan inspeksi terhadap upaya pencegahan dan pengendalian epidemi di wilayah itu. 

Dia dijadwalkan bertatap muka dengan para pekerja medis, perwira dan prajurit militer, anggota komunitas, polisi, pejabat serta sukarelawan yang telah memerangi epidemi di garis depan. Xi disebut pula akan bertemu dengan pasien dan warga.

Kunjungan Xi ke Wuhan dinilai menunjukkan bahwa Beijing memiliki kepercayaan diri tinggi terhadap keselamatan sang presiden dan pengendalian epidemi di kota itu. Garis depan wabah coronavirus jenis baru yang paling dekat yang didatangi Xi adalah pusat perawatan coronavirus jenis baru di Beijing, yang memiliki kasus infeksi jauh lebih sedikit dibanding Wuhan. 

Sebelumnya, sejumlah pejabat senior termasuk Wakil Presiden Sun Chunlan dan Perdana Menteri Li Keqiang telah mengunjungi Wuhan.