Peringatan Apple ke Trump: Tarif impor China jadi senjata makan tuan

Daftar perusahaan AS yang mendesak Trump untuk mengakhiri perang dagang dengan China terus bertambah. Salah satunya, Apple.

Ilustrasi / Pixabay

Apple Inc, Keurig Dr Pepper Inc, Dollar Tree Inc dan Fitbit Inc bergabung dengan perusahaan lainnya untuk mengajukan surat penentangan terhadap rencana pemerintahan Donald Trump untuk menerapkan tarif yang lebih banyak atas produk China, termasuk iPhone, MacBook dan mesin pembuat kopi berukuran kecil.

AS dan China telah memulai kembali perundingan untuk mengakhiri perang dagang setelah lebih dari satu bulan absen. Trump dan Presiden Xi Jinping dijadwalkan akan bertatap muka di KTT G20 di Osaka, Jepang, pekan depan.

Trump sendiri sebelumnya mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan untuk menghantam China dengan tarif tambahan senilai US$300 miliar jika pertemuannya dengan Presiden Xi tidak menghasilkan kemajuan.

"Putaran tarif baru akan mengurangi daya saing Apple dan memangkas kontribusi yang dapat diberikan kepada Kementerian Keuangan AS," demikian pernyataan tertulis Apple yang ditujukan kepada pemerintah AS pada Kamis (20/6).

Dalam suratnya, Apple menyinggung mereka adalah perusahaan AS pembayar pajak terbesar dan menegaskan kembali janji pada 2018 untuk secara langsung menyumbang lebih dari US$350 miliar ke perekonomian negara itu selama lima tahun.