Perlambat penyebaran Covid-19, Kanada tutup perbatasan

Penduduk tetap dan warga negara Amerika Serikat dikecualikan dari kebijakan Kanada.

Papan pengumuman menyatakan Galeri Seni Nasional ditutup untuk umum akibat ancaman penyebaran Covid-19 di Washington, Amerika Serikat, Sabtu (14/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Will Dunham

Kanada menutup perbatasannya terhadap seluruh warga asing kecuali warga negara Amerika Serikat dan penduduk tetap pada Senin (17/3). Perdana Menteri Justin Trudeau mendesak orang-orang untuk membatasi kontak sosial demi membendung penyebaran coronavirus jenis baru atau Covid-19.

"Kami akan menolak masuk ke Kanada bagi orang-orang yang bukan warga negara Kanada atau penduduk tetap ... itu merupakan langkah penting yang kami ambil dalam keadaan luar biasa," ujar PM Trudeau di luar kediamannya, di mana dia berada di bawah karantina setelah istrinya dinyatakan positif Covid-19.

PM Trudeau menambahkan, "Tinggal di rumah adalah langkah penting untuk melindungi masyarakat dan satu sama lain. Kita semua harus melakukannya."

Theresa Tam, Kepala Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (CPHO), menuturkan bahwa dua pekan ke depan sangat penting dalam upaya membendung wabah.

Fatalitas akibat Covid-19 di Kanada meningkat jadi empat pada Senin dari satu pada Minggu (15/3). Sementara itu, kasus infeksi mencapai lebih dari 400.