Lengkapi AUKUS, pertemuan Quad jadi ancaman baru China di Indo-Pasifik

Para pemimpin Quad juga menyuarakan dukungan untuk negara-negara pulau kecil, terutama di Pasifik, untuk meningkatkan ketahanan ekonomi.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison , dalam sebuah pernyataan bersama. Foto https://twitter.com/POTUS

Para pemimpin dari Amerika Serikat, Jepang, India dan Australia, melakukan pertemuan untuk membahas mengenai komitmen dalam menjaga kawasan Indo-Pasifik, tetap bebas dan terbuka dengan tidak dikuasai secara paksa oleh negara tertentu, pada Jumat (24/9) waktu setempat.

Meski dalam pertemuan itu tidak menyebut China sebagai ancaman bersama, tetapi penguasaannya di kawasan Indo-Pasifik jelas menjadi perhatian utama dari kelompok negara yang disebut media sebagai Quad itu.  

"Kami mendukung supremasi hukum, kebebasan navigasi dan penerbangan, penyelesaian sengketa secara damai, nilai-nilai demokrasi, dan integritas teritorial negara-negara," kata Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Perdana Menteri India Narendra Modi, dalam sebuah pernyataan bersama.

Melansir Reuters (25/9), pernyataan mereka sering menyebutkan desakan pada para pemimpin agar berperilaku berbasis aturan di kawasan Indo-Pasifik.

"Bersama-sama, kami berkomitmen untuk mempromosikan tatanan yang bebas, terbuka, berdasarkan aturan, berakar pada hukum internasional dan tidak gentar oleh paksaan, untuk meningkatkan keamanan dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan sekitarnya," kata mereka.