Pesan Biden dalam memperingati 20 tahun kejadian 11 September

Biden meminta warga AS agar menunjukkan rasa persatuan yang disebut sebagai ‘kekuatan terbesar kita’. 

Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang Laporan Pekerjaan Agustus di Gedung Putih di Washington, AS, 3 September 2021. sumber: REUTERS/Kevin Lamarque)

Dalam rangka memperingati 20 tahun kejadian 11 September yang menyerang Amerika Serikat, Presiden Joe Biden, membuat pesan khusus bagi warga negara AS. Dalam video tersebut, Biden meminta warga AS agar menunjukkan rasa persatuan yang disebut sebagai ‘kekuatan terbesar kita’. 

“Bagi saya, itulah pelajaran utama dari kejadian 11 September. Inilah momen paling rapuh kita, dalam proses tarik-ulur yang menjadikan kita manusia, untuk berjuang bagi jiwa Amerika, persatuan adalah kekuatan terbesar kita," ucap Biden dalam sebuah video berdurasi 6 menit yang dilansir melalui Twitter @POTUS pada Sabtu (11/9).

Tidak hanya itu saja, Biden juga menyampaikan, persatuan bukan berarti semua masyarakat harus yakin terhadap satu hal, melainkan saling memiliki rasa hormat yang mendasar antar satu sama lain. 

Untuk memperingati 20 tahun kejadian 11 September, pada Sabtu pagi waktu AS, Biden didampingi oleh Jill mendatangi tiga lokasi yang menjadi target dalam penyerangan 11 September sebagai tanda penghormatan. 3 lokasi itu adalah New York, Pentagon, dan Pennsylvania.  

“Untuk menghormati dan mengenang nyawa-nyawa yang hilang serta memeluk para keluarga yang kami cintai,” ujar Biden.