Pesawat militer Rusia kembali mendarat di Venezuela

Empat juta warga Venezuela atau hampir 15% dari populasinya telah meninggalkan negara itu untuk menghindari krisis ekonomi dan politik.

Pesawat jenis Ilyushin dengan nomor ekor RA-86496 parkir di Bandara Internasional Maiquetia pada Senin (24/6). REUTERS/Manaure Quintero

Sebuah pesawat Angkatan Udara Rusia dilaporkan mendarat di Venezuela. Menurut seorang saksi mata, burung besi jenis Ilyushin dengan nomor ekor RA-86496 parkir di Bandara Internasional Maiquetia pada Senin (24/6).

Menurut situs Flightradar24, nomor ekor itu terdaftar atas nama Angkatan Udara Rusia dan cocok dengan nomor ekor pesawat yang tiba di Venezuela pada Maret.

Kementerian Informasi Venezuela dan Kementerian Pertahanan Rusia belum memberikan konfirmasi atas kabar ini.

Pada Maret, dua pesawat Angkatan Udara Rusia mendarat di Venezuela dengan membawa pejabat pertahanan Rusia dan 100 tentara. Hal tersebut membuat Amerika Serikat menuduh Rusia secara gegabah memicu eskalasi di Venezuela.

Donald Trump mendesak Rusia untuk memindahkan seluruh pasukannya dari Venezuela. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menegaskan bahwa kedua pesawat itu hanya membawa spesialis yang melayani kontrak penjualan senjata.