PM Australia pertanyakan status bebas coronavirus Indonesia

Menurut PM Morrison, wilayah Indonesia sangat besar sehingga sulit untuk memberi jaminan pasti.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Twitter/@ScottMorrisonMP

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengungkap keraguan atas klaim pemerintah Indonesia yang menyatakan bahwa sejauh ini, Indonesia bebas dari wabah coronavirus jenis baru.

"Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan banyak pulau. Akan sangat sulit untuk memberikan jaminan pasti tentang angka-angka tersebut," kata PM Morrison dalam wawancaranya dengan stasiun radio 3AW. "Saya tidak bermaksud mengatakan itu secara tidak sopan, Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia dan kedua pihak memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan itu."

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto menyatakan bahwa Indonesia telah bekerja sangat keras dalam upaya menangani penyebaran coronavirus.

"Kami telah bekerja keras. Jangan mengukur menggunakan standar Australia. Indonesia bukan Australia dan Australia bukan Indonesia," ujar dia.

Awal pekan ini, Yurianto mengklaim bahwa seorang pria Jepang yang terjangkit coronavirus setelah berlibur di Bali telah terinfeksi SARS-CoV-2, bukan coronavirus jenis baru atau yang diberi nama Covid-19.