Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengundurkan diri

Jim Yong Kim akan resmi mundur pada 1 Februari mendatang. Ini terjadi lebih cepat tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir.

Jim Yong Kim. REUTERS/Thomas Peter

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (59) pada Senin (7/1) mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri bulan depan. Ini lebih cepat tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir pada 2022.

Keputusan Jim Yong Kim kemungkinan akan memberi Presiden Amerika Serikat Donald Trump pengaruh yang menentukan atas kepemimpinan berikutnya lembaga tersebut, meskipun kendali Washington atas 189 anggota pemberi pinjaman pembangunan global telah menuai banyak kecaman.

"Merupakan kehormatan besar untuk melayani sebagai presiden dari lembaga yang luar biasa ini, penuh dengan individu yang bersemangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam kehidupan kita," ujar Jim Yong Kim.

I will be stepping down as @worldbank Group president on February 1. It’s been the greatest privilege I could have ever imagined to lead the dedicated staff of this great institution to bring us closer to a world that is finally free of poverty. https://t.co/jWGoihu7tu — Jim Yong Kim (@JimYongKim) 7 January 2019

Jim Yong Kim, yang menjadi presiden Bank Dunia pada 2012, akan bergabung dengan sebuah perusahaan yang belum disebutkan namanya yang fokus pada investasi di negara-negara berkembang. Dia juga akan kembali dengan Partners In Health, sebuah kelompok nirlaba yang ikut didirikannya.