Presiden Biden bakal mengakhiri darurat Covid-19 pada 11 Mei

Hal itu karena sebagian besar dunia telah kembali mendekati keadaan normal, setelah hampir tiga tahun.

Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang Laporan Pekerjaan Agustus di Gedung Putih di Washington, AS, 3 September 2021/(sumber: REUTERS/Kevin Lamarque)

Presiden Joe Biden mengatakan epada Kongres pada Senin (30/1) waktu setempat, bahwa dia akan mengakhiri keadaan darurat nasional untuk menangani Covid-19 pada 11 Mei 2023. Hal itu karena sebagian besar dunia telah kembali mendekati keadaan normal, setelah hampir tiga tahun.

Langkah untuk mengakhiri deklarasi darurat nasional dan darurat kesehatan masyarakat, berarti akan secara resmi merestrukturisasi respons federal untuk memperlakukan virus sebagai ancaman endemik terhadap kesehatan masyarakat yang dapat dikelola melalui otoritas normal lembaga.

Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Presiden Donald Trump Alex Azar, pertama kali mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 31 Januari 2020, dan Trump kemudian menyatakan pandemi Covid-19 sebagai keadaan darurat nasional pada Maret. Keadaan darurat telah berulang kali diperpanjang oleh Biden, sejak dia menjabat pada Januari 2021, dan akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 1,1 juta orang di AS telah meninggal akibat Covid-19 sejak 2020, termasuk sekitar 3.700 orang pada minggu lalu.

Tetapi, Kongres telah menumpulkan jangkauan darurat kesehatan masyarakat yang berdampak paling langsung pada orang Amerika, karena maraknya seruan politik untuk mengakhiri deklarasi keadaaan darurat semakin intensif. Anggota parlemen telah menolak selama berbulan-bulan untuk memenuhi permintaan administrasi Biden untuk mengeluarkan miliaran dolar lagi dalam rangka memperpanjang vaksin dan pengujian Covid gratis.