Proses pemakzulan Donald Trump lanjut ke Senat

Trump tercatat sebagai presiden ketiga yang menjalani sidang pemakzulan dalam sejarah AS.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi dalam konferensi pers terkait proses pemakzulan terhadap Donald Trump di Capitol, Washington, AS, pada Rabu (15/1). ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat sepakat untuk meneruskan pasal-pasal pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump ke Senat. Resolusi tersebut lolos dengan dukungan 228:193.

Ketua DPR Nancy Pelosi menandatangani salinan dakwaan pemakzulan tersebut bersama dengan sekelompok anggota parlemen dari Partai Demokrat yang akan menuntut Trump.

DPR, yang dikendalikan Partai Demokrat, memakzulkan Trump bulan lalu. Dan sekarang, Senat yang dikuasai Partai Republik, akan memutuskan apakah akan menghukum dan melengserkan Trump.

Dalam konferensi pers sebelum menandatangani salinan dakwaan, Pelosi mengatakan, "Hari ini kita akan membuat sejarah. Ketika para manajer berjalan di aula, kita akan melewati ambang batas sejarah, mengantarkan dakwaan pemakzulan terhadap Presiden AS atas penyalahgunaan kekuasaan dan upaya menghalangi penyelidikan DPR."

Senat disebut akan secara resmi menerima dakwaan pada Kamis (16/1) dan persidangan dapat dimulai pada Selasa (21/1).