Protes rompi kuning di Prancis menjalar ke Belgia

Demonstrasi di Prancis yang menyebar ke Belgia pada dasarnya dipicu oleh isu yang sama, yakni biaya hidup dan beban pajak tinggi.

Seorang pengunjuk rasa berlutut ketika polisi menggunakan meriam air saat rompi kuning berunjuk rasa atas naiknya harga bahan bakar di Brussels, Belgia, Sabtu (8/12). ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman

Ketika para pengunjuk rasa rompi kuning bentrok dengan polisi pada Sabtu (7/12) di sejumlah kota di Prancis, termasuk di Paris, sekitar 1.000 pemrotes yang juga mengenakan rompi visibilitas tinggi juga berkumpul di Brussels, Belgia. 

Gerakan 'gilets jaunes' atau rompi kuning dimulai di Prancis sebagai respons atas kenaikan harga bahan bakar. Belakangan demonstrasi rompi kuning merembet pada isu lain seperti pajak dan biaya hidup yang tinggi.

Unjuk rasa di Belgia ini merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam delapan hari terakhir.

Demonstrasi di Prancis yang menyebar ke Belgia pada dasarnya dipicu oleh isu yang kurang lebih sama, yakni biaya hidup dan beban pajak tinggi.

Di kedua negara, unjuk rasa dimulai setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar. Rakyat Belgia membayar pajak tertinggi untuk diesel di Eropa.