2 tahun Taliban berkuasa, puluhan ribu warga Afghanistan masih tunggu visa AS

Ada 27.400 warga Afghanistan yang siap untuk dua program pengungsi yang dibuat pada hari-hari terakhir kehadiran AS di Afghanistan.

Pengungsi Afghanistan menggelar unjuk rasa untuk menuntut visa AS mereka diproses di Islamabad, Pakistan, Minggu, Februari, 25 2023. Foto AP/Rahmat Gul/file

Ketika Taliban menguasai Afghanistan, Shukria Sediqi tahu, hari-harinya telah ditentukan. Sebagai jurnalis yang mengadvokasi hak-hak perempuan, dia mengunjungi tempat perlindungan dan rumah aman untuk berbicara dengan wanita yang melarikan diri dari suami yang kejam. Dia pergi bersama mereka ke pengadilan ketika mereka meminta cerai.

Menurut Taliban, yang melarang perempuan dari sebagian besar tempat umum, pekerjaan dan pendidikan, pekerjaan Shukria tidak bermoral.

Jadi, ketika Taliban menyapu kampung halamannya di Herat di Afghanistan barat pada Agustus 2021 saat AS menarik diri dari negara itu, Shukria dan keluarganya memutuskan untuk melarikan diri.

Mereka mencoba naik salah satu penerbangan Amerika terakhir dari Kabul, tetapi gagal. Kemudian, mereka mencoba pergi ke Tajikistan, tetapi tidak memiliki visa. Akhirnya pada Oktober 2021, setelah tidur di luar selama dua malam di pos pemeriksaan ke Pakistan bersama kerumunan orang Afghanistan yang melarikan diri dari Taliban, dia dan keluarganya berhasil masuk ke negara tetangga.

Tetapi dua tahun setelah AS meninggalkan Afghanistan, Shukria Sediqi dan puluhan ribu lainnya masih menunggu. Meskipun ada beberapa kemajuan baru-baru ini, memproses visa AS untuk warga Afghanistan berjalan sangat lambat. Sejauh ini, hanya sebagian kecil warga Afghanistan yang telah dimukimkan kembali.