Putin buka peluang negosiasi: Ukraina dan Barat yang tidak mau bicara

Putin menuduh Barat berusaha memecah belah Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto Pixabay

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia terbuka untuk negosiasi dengan Ukraina. Selama ini menurutnya, pihak Barat dan Ukraina lah yang tidak menginginkan negosiasi.

"Kami siap untuk bernegosiasi dengan semua orang yang terlibat tentang solusi yang dapat diterima, tetapi itu terserah mereka - kami bukan pihak yang menolak untuk bernegosiasi, mereka yang menolak," kata Putin kepada televisi negara Rossiya 1 dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu (25/12).

Sebaliknya, seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan Putin perlu kembali ke kenyataan dan mengakui bahwa Rusia yang tidak menginginkan pembicaraan.

"Rusia sendirian menyerang Ukraina dan membunuh warganya," cuit penasihat itu, Mykhailo Podolyak. “Rusia tidak menginginkan negosiasi, tetapi berusaha menghindari tanggung jawab.”

Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari telah memicu konflik Eropa paling mematikan sejak Perang Dunia Kedua dan konfrontasi terbesar antara Moskow dan Barat sejak Krisis Misil Kuba 1962.