Putra Mahkota Arab Saudi kembali tangkap sepupunya

Penangkapan pertama Pangeran Khaled bin Talal terjadi pada Januari lalu. Dia dibebaskan pada 3 November.

Ilustrasi / Pixabay

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah menangkap Pangeran Khaled bin Talal bin Abdulaziz, anggota Dewan Pengawas, untuk kedua kalinya. Penangkapan ini terjadi beberapa hari setelah kematian ayahnya, Pangeran Talal bin Abdulaziz yang merupakan salah satu pendukung reformasi di negara itu. 

Surat penangkapan Pangeran Khaled bin Talal kabarnya dikeluarkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Sang pangeran ditangkap pada Rabu (26/12) pagi, dan tidak ada tuduhan yang diajukan terhadapnya.

Pangeran Khaled bin Talal sebelumnya ditangkap pada Januari dan dibebaskan pada 3 November. Dia telah membela hak-hak tahanan yang ditahan di Ritz-Carlton Hotel tahun lalu untuk mendapat proses hukum yang adil.

Khaled bin Talal adalah saudara dari Pangeran Alwaleed bin Talal, miliarder yang mendunia lewat investasi-investasinya di sejumlah perusahaan Barat. 

Alwaleed bin Talal sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak pangeran yang ditahan dalam langkah yang secara terbuka disebut sebagai kampanye antikorupsi yang dipimpin oleh MBS.