Ratusan warga Afghanistan telantar di Albania

Proses visa yang rumit bagi warga Afghanistan berisiko membuat mereka telantar berlarut-larut.

Pria Afghanistan berjalan di resor wisata tempat mereka ditampung, di Shengjin, 70 kilometer (44 mil) barat laut ibu kota, Tirana, Albania, Selasa, 6 Juni 2023.Foto AP/Llazar Semini

Hampir dua tahun, sejak dia melarikan diri dari Afghanistan untuk melarikan diri dari pengambilalihan Taliban, Firooz Mashoof, masih dihantui oleh kenangan akan hari terakhirnya di Kabul-bus yang membawanya ke bandara, naik pesawat yang penuh sesak, dan lepas landas saat tembakan bergema di seberang kota.

“Hal terakhir yang saya lihat adalah pegunungan di sekitar Kabul dan matahari terbenam yang suram saat Qatar Airways lepas landas,” katanya.

Hari ini, ribuan mil dari tanah airnya, jurnalis foto berusia 35 tahun dan mantan karyawan federasi sepak bola Afghanistan itu, menetap di Albania yang hangat dan cerah. Dengan berlalunya hari, kecemasannya atas penundaan visa AS yang dijanjikan, membayangi mimpinya tentang awal yang baru di Amerika.

Bagi ratusan orang lain seperti dia, ini adalah roller coaster yang emosional. Beberapa mencoba mencari pekerjaan dan hidup dengan keadaan normal tetapi kekhawatiran dan ketakutan akan keluarga di rumah meresapi hari-hari mereka-bahkan di Albania yang sangat menyambut mereka.

Di Shengjin, sebuah kota di pantai Adriatik sekitar 70 kilometer (45 mil) barat laut ibu kota Albania, Tirana, menjadi tempat ratusan warga Afghanistan diberi perlindungan sementara, Mashoof sering berjalan jauh di tepi laut. Dia telah menemukan pekerjaan di mal, satu jam perjalanan dengan bus.