Rencana membuat peternakan gurita pertama di dunia, memang bisa?

Antara 2010 dan 2019, nilai perdagangan gurita global menggelembung menjadi US$2,72 miliar.

ilustrasi. Reuters

Permintaan makanan laut semakin melonjak. Ini membuat sebuah perusahaan Spanyol berencana untuk membuka peternakan gurita komersial pertama tahun depan. Tetapi beberapa peneliti memperingatkan bahwa rencana itu bisa menjadi bencana etika dan lingkungan.

"Ini adalah tonggak sejarah global," kata Roberto Romero, direktur akuakultur di Nueva Pescanova, perusahaan yang menggelontorkan 65 juta euro untuk investasi tambak gurita, yang menunggu persetujuan lingkungan dari otoritas setempat.

Dibangun berdasarkan penelitian akademis selama beberapa dekade, Nueva Pescanova mengalahkan perusahaan pesaing di Meksiko dan Jepang untuk menyempurnakan kondisi yang dibutuhkan untuk pemuliaan skala industri.

Antara 2010 dan 2019, nilai perdagangan gurita global menggelembung menjadi US$2,72 miliar (US$3,66 miliar), dari US$1,30 miliar, menurut data dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, sementara pendaratan hanya naik sekitar 9 persen menjadi 380.000 ton.

Namun, membudidayakan gurita bukan perkara sederhana. Sebelumnya, upaya budidaya itu terbentur dengan angka kematian gurita yang tinggi. Sementara upaya untuk membiakkan gurita yang ditangkap secara liar mengalami masalah dengan agresi, kanibalisme, dan mutilasi diri.