Bank Dunia: Resesi global akibat pandemi merupakan yang terparah sejak PD II

Bank dunia memprediksi kontraksi ekonomi 5,2% terhadap PDB global tahun ini.

Ilustrasi. Kinerja ekonomi dunia. Pixabay.com

Dunia akan mengalami resesi ekonomi terparah sejak perang dunia ke-II. Di mana kontraksi perekonomian global akan mencapai 5,2% pada tahun ini akibat pandemi Covid-19.

"Bank Dunia memprediksi kontraksi ekonomi 5,2% terhadap PDB global tahun ini. Angka ini mencerminkan resesi global terparah sejak Perang Dunia II, dan hampir tiga kali lebih tajam dari pada resesi global pada 2009," kata Country Director World Bank Indonesia-Timor, Satu Kahkonen dalam video conference, Kamis (16/7).

Pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian seluruh negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Untuk wilayah Asia Pasifik, misalnya, Bank Dunia memprediksi terjadi kontraksi yang dalam, yaitu sebesar 6% dibandingkan pertumbuhan 2019.

Untuk tahun ini perekonomian negara maju juga menyusut signifikan. Untuk wilayah Asia dan Pasifik diproyeksikan kontraksi yang terjadi pada 2020 semakin menajam, yakni hampir 6% daripada 2019.

Sedangkan untuk Indonesia, Bank Dunia memproyeksikan laju perekonomian pada 2020 hanya tumbuh 0%. Ini dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu kontraksi perekonomian global 5,2%, peluang terbukanya ekonomi Indonesia pada Agustus, dan tidak adanya gelombang kedua pandemi Covid-19.