Indonesia harap Inggris terus pimpin multilateralisme vaksin Covid-19

Indonesia-Inggris menekankan pentingnya solidaritas untuk keluar dari pandemik Covid-19.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pengarahan bersama usai pertemuan bilateral di Kemlu RI, Jakarta, pada Rabu (7/4). / Kemlu RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan harapan Indonesia agar Inggris terus menunjukkan kepemimpinannya dalam multilateralisme vaksin Covid-19. Hal tersebut dinyatakan Menlu Retno dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, pada Rabu (7/4).

"Saya berharap Inggris akan terus menunjukkan kepemimpinannya dalam multilateralisme vaksin dan siap berbagi vaksin dengan negara lain," jelas Retno dalam pengarahan media usai pertemuan bilateral.

Pertemuan kedua menlu secara khusus membahas penguatan kemitraan di bidang kesehatan. Menurut Menlu Retno, kerja sama kesehatan sangat penting untuk membangun ketahanan yang lebih besar bagi industri perawatan kedua negara.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya solidaritas dan kerja sama sebagai kunci untuk keluar dari pandemik Covid-19. "Saya juga menyampaikan apresiasi dan harapan saya kepada Inggris untuk terus mendukung COVAX Facility," jelas Menlu Retno.

"Sebagai salah satu co-chair dari COVAX AMC Engagement Group, saya memiliki kewajiban moral untuk terus mempromosikan koperasi dalam memastikan akses yang setara terhadap vaksin untuk semua," lanjutnya.