Rusesabagina, Pahlawan Hotel Rwanda 1994 akhirnya dibebaskan

Keputusan untuk meringankan hukuman Rusesabagina mengikuti permintaan grasi.

Paul Rusesabagina. Foto Ist

Paul Rusesabagina dibebaskan dari penjara setelah hukumannya diringankan atas perintah presiden. Padahal pada 2021, pengadilan Rwanda menjatuhinya hukuman 25 tahun karena kasus terorisme. Tuduhan yang dibantah Rusesabagina.

Paul Rusesabagina sangat lekat dengan film Hotel Rwanda. Pada 1994, saat bekerja sebagai penjaga penginapan di Hôtel des Mille Collines, Kigali, ia menjadi pahlawan karena berhasil menyembunyikan dan melindungi 1,268 pengungsi Hutu dan Tutsi dari pasukan militer Interahamwe saat Genosida Rwanda. Tak ada pengungsi yang ditangkap atau dibunuh saat serangan tersebut.

Perjuangan Rusesabagina itu menjadi dasar dari film nominasi Academy Award Hotel Rwanda (2004), dimana ia diperankan oleh aktor Amerika Don Cheadle.

Rusesabagina, 68, didampingi oleh seorang pejabat kedutaan Amerika Serikat ketika dia dipindahkan dari penjara ke kediaman duta besar Qatar di ibu kota Rwanda Kigali pada Jumat malam, menurut dua pejabat senior pemerintahan Presiden AS Joe Biden yang memberi pengarahan kepada wartawan di Washington, DC.

Keputusan untuk meringankan hukuman Rusesabagina mengikuti permintaan grasi. Juru bicara pemerintah Yolande Makolo mengatakan hal tersebut kepada Al Jazeera pada hari Jumat.