Rusia siap berunding dengan PBB, Turki, dan Ukraina terkait pengiriman gandum

Moskow akan melihat bagaimana perjanjian awal tentang ekspor gandum dari Ukraina, yang dibahas di Turki

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Foto Timesofisrael

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan, ada kemajuan dalam diskusi antara Moskow, Ankara, Kiev dan PBB untuk membuka blokir ekspor biji-bijian Ukraina di Laut Hitam, hal itu terjadi berkat para pemangku kepentingan yang memiliki keinginan untuk menyelesaikan krisis.

Menanggapi itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan, bahwa Moskow siap untuk mengadakan negosiasi dengan rekan-rekan dari PBB, Turki, dan Ukraina pada pengiriman gandum.

“Untuk pertemuan tambahan di Istanbul, kami siap untuk pertemuan seperti itu. Kami menghargai minat PBB untuk terlibat, tetapi, sejujurnya, ini tidak akan membawa apa pun selain simbolisme,” kata Lavrov kepada wartawan, Rabu (8/6).

Dia menambahkan Moskow akan melihat bagaimana perjanjian awal tentang ekspor gandum dari Ukraina, yang dibahas di Turki, dan akan diterjemahkan ke dalam tindakan praktis.

Diplomat top Rusia itu menjelaskan bahwa masalah utamanya adalah bahwa Kiev dengan tegas menolak untuk menyelesaikan masalah ranjau darat di pelabuhan Ukraina.