Rusia sepakati integrasi ekonomi dengan Belarusia

Moskow dan Minsk telah lama secara resmi menjadi bagian dari "negara serikat" dan mengadakan pembicaraan tentang integrasi lebih lanjut.

Pembicaraan antara Vladimir Putin dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko, yang berada di Rusia dalam kunjungan kerja, berlangsung di Kremlin. Foto twitter.com/KremlinRussia_E

Presiden Rusia dan Belarus pada Kamis (9/9), mencapai kesepakatan untuk membentuk pasar minyak dan gas terpadu dengan tujuan memperdalam integrasi ekonomi.

Kesepakatan yang dicapai antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko, akan menjadi dukungan terbaru dari Putin untuk Lukashenko yang tahun lalu, menggunakan kekuatan untuk membubarkan protes besar-besaran terhadap pemerintahannya.

Negara Barat telah memberikan sanksi kepada Belarusia sebagai bentuk hukuman untuk pihak berwenang atas tindakan keras tersebut. Rusia juga berada di bawah sanksi Barat karena perlakuannya terhadap Ukraina.

Moskow dan Minsk telah lama secara resmi menjadi bagian dari "negara serikat" dan mengadakan pembicaraan tentang integrasi lebih lanjut. Hal itu telah memicu kekhawatiran dari oposisi Belarusia bahwa Lukashenko akan menukar bagian kedaulatan dengan imbalan lebih banyak.

Kedua presiden tersebut mengatakan pada konferensi pers, bahwa mereka telah menyetujui 28 peta integrasi yang mencakup pendekatan umum untuk kebijakan ekonomi makro, termasuk kebijakan moneter, pajak dan aturan bea cukai.