Sedikitnya 49 tewas, ratusan terluka dalam kebakaran depot kontainer Bangladesh

Ahli bahan peledak dari militer Bangladesh telah dipanggil untuk membantu petugas pemadam kebakaran.

ilustrasi. foto Pixabay

Kebakaran hebat terjadi di depot peti kemas dekat kota pelabuhan di tenggara Bangladesh. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 49 orang dan melukai ratusan lainnya.

Kebakaran di BM Inland Container Depot, sebuah usaha patungan Belanda-Bangladesh, terjadi pada Sabtu malam. Saat ratusan petugas pemadam kebakaran bergegas memadamkannya, beberapa kontainer bahan kimia meledak, menurut layanan darurat.

Penyebab kebakaran tidak dapat segera ditentukan. Depot ini terletak di dekat pelabuhan utama negara Chittagong, 216 kilometer tenggara ibukota Dhaka.

Setidaknya lima petugas pemadam kebakaran termasuk di antara yang tewas, menurut Brigadir Jenderal Main Uddin, direktur jenderal dinas pemadam kebakaran dan pertahanan sipil Bangladesh. 15 petugas pemadam kebakaran lainnya dirawat karena luka bakar, menurut Uddin.

Beberapa putaran ledakan terjadi setelah ledakan awal ketika api terus menyebar, kata Uddin. Ahli bahan peledak dari militer Bangladesh telah dipanggil untuk membantu petugas pemadam kebakaran.