Sekjen PBB desak pemimpin G20 untuk membuat dunia divaksinasi

Sekjen PBB menyebutkan distribusi yang tidak adil, sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan varian baru.

Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto: twitter.com/antonioguterres

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, telah menyerukan dana US$8 miliar, untuk memastikan bahwa vaksinasi Covid-19 dapat didistribusikan secara adil di seluruh dunia dan memberi semua negara jalan keluar dari pandemi. Guterres mengatakan hal itu pada Kamis (7/10) di sebuah acara.

Dia mengatakan, distribusi yang tidak adil, sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan varian baru dan menyebabkan lebih banyak kematian.

Makanya Sekretaris Jenderal PBB itu mendesak para pemimpin G20 yang akan bertemu akhir bulan ini, untuk memenuhi keinginan mereka untuk membuat dunia divaksinasi.

“Ketidaksetaraan vaksin adalah sekutu terbaik dari pandemi Covid-19. Ini memungkinkan varian untuk berkembang dan menjadi liar, mengutuk dunia dengan jutaan kematian lagi, dan memperpanjang perlambatan ekonomi yang dapat menelan biaya triliunan dolar,” kata Guterres.

Guterres mencatat, sejauh ini sejumlah inisiatif telah gagal membuat dunia mendekati tolak ukur awal vaksinasi 10% di semua negara pada akhir September.