Sempat diduga invasi alien, langit New York membiru karena ledakan

Warganet heboh soal rumor terjadi invasi alien setelah langit di New York, Amerika Serikat mendadak membiru pada Kamis (27/12) malam.

New York, Amerika Serikat / Pixabay

Ledakan transformator di sebuah pembangkit listrik membuat langit kota New York, Amerika Serikat, pada Kamis (27/12) malam berubah menjadi biru. Iluminasi spektakuler tersebut membuat media sosial gaduh soal rumor invasi alien.

Selain itu, ledakan juga mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik dan berimbas pada layanan kereta dan penundaan penerbangan. 

Pihak Con Edison mengonfirmasi bahwa terjadi kebakaran listrik singkat di gardu induk mereka di Astoria yang melibatkan sejumlah trafo dan memicu penurunan transmisi di daerah tersebut.

There was a brief electrical fire at our substation on 20th Avenue & 32nd Street in Astoria this evening, which caused a transmission dip in the area. All power lines serving the area are in service and the system is stable. Photo: Michael Friedl, New York Times pic.twitter.com/vq2Ao46rhk — Con Edison (@ConEdison) 28 December 2018

Kepolisian daerah New York juga telah mengeluarkan pernyataan terkait insiden ini. Mereka mengatakan bahwa perubahan warna langit menjadi biru itu dipicu oleh ledakan transformator di pembangkit listrik Con Edison di Astoria, Queens.