Senat AS tolak dua RUU, shutdown berlanjut

Penutupan pemerintahan atau government shutdown AS telah memasuki hari ke-35 dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Ilustrasi / Pixabay

Government shutdown atau penutupan pemerintahan Amerika Serikat dipastikan akan terus berlanjut setelah Senat menolak dua RUU dari Partai Republik maupun Demokrat pada Kamis (24/1).

Baik proposal yang diusulkan oleh Republikan dan proposal yang didukung oleh Demokrat gagal memperoleh minimal 60 suara yang dibutuhkan untuk lolos.

Draf milik Demokrat untuk menghentikan shutdown tanpa memberikan dana untuk dinding perbatasan Presiden Donald Trump memperoleh lebih banyak suara di Senat dengan mayoritas Republikan itu. RUU mereka gagal dalam pemungutan suara dengan hasil akhir 52-44. Enam senator Republikan mendukung RUU tersebut.

Sedangkan, RUU milik Republikan untuk mendanai dinding perbatasan Trump dan menawarkan perlindungan hukum terbatas bagi beberapa imigran gagal dalam pemungutan suara dengan hasil 50-47. Tiga senator Demokrat mendukung draf tersebut.

Baik presiden maupun para pemimpin Demokrat tidak menunjukkan keinginan untuk mundur dalam hari ke-35 shutdown parsial ini. Beberapa senator bipartisan menyerukan adanya RUU untuk mendanai pemerintah selama tiga pekan demi membuka perundingan keamanan perbatasan.